w3c201 
    logo wbkya

1

Dalam agenda Rapat Koordinasi PTA Medan dengan PA Se Sumatera Utara,  berdasarkan Keputusan Ketua PTA Medan Nomor W2-A/2964/OT.01.1/X/2021 tanggal 26 Oktober 2021 Tentang Penunjukan Panitia Rapat Koordinasi dan Pembinaan, maka dilaksanakanlah pendampingan pembangunan Zona Integritas PTA Medan dengan PA Se Sumatera Utara dengan Narasumber Ibu Dr. Jeanny HV Hutauruk, S.E., S.H., M.M., Ak., C.A  (Widyaiswara Utama, Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan Mahkamah Agung RI). Acara dimulai pukul 08.30 yang bertempat di Hotel Madani Medan dengan pembawa acara Ade Laida Rangkuti, S.H., M.M. (Panitera Pengganti PTA Medan).

Dalam sambutannya Ketua PTA Medan Dr. H. Abd. Hamid Pulungan, S.H., M.H. menyampaikan, bahwa dii depan kita hadir Dr. Jeanny HV Hutauruk, S.E., S.H., M.M., Ak., C.A sebagai nara sumber dan bahwa peserta ini adalah dari PTA Medan, terdiri dari Hakim Tinggi, Panitera, Sekretaris dan Pengadilan Agama Se – Sumatera Utara terdiri dari Ketua, Panitera dan Sekretaris. H. Abd. Hamid Pulungan pada pembukaan kegiatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Dr. Jeanny HV Hutauruk, S.E., S.H., M.M., Ak., C.A, yang telah bersedia memberikan bimbingan Pembangunan ZI dan merupakan tokoh reformasi di Mahkamah Agung. Beliau berharap pada semua peserta memanfaatkan ilmu dan kiat-kiat dari nara sumber kita ini,  oleh karenanya para peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Selanjutnya Ketua PTA Medan menyatakan, Pendampingan ZI secara resmi di buka.

2

Sementara itu, Narasumber Dr. Jeanny HV Hutauruk, S.E., S.H., M.M., Ak., C.A. pada awal penyampaiannya bahwa yang akan maju adalah Ketua Pengadilan yang menjawab evaluasi di depan Kemenpan RB. Beliau menyampaikan tujuan dan sasaran RB (ZI, WBK, WBBM). Tujuan adalah “Terwujudnya Pemerintahan Kelas Dunia”, yaitu pemerintahan yang profesional dan berintegritas tinggi yang mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan manajemen pemerintahan yang demokratis.

Menurut Narasumber, kalau kita sudah melaksanakan visi, misi, tugas pokok dan fungsi, serta SOP, itu berarti kita sudah melaksanakan Zona Integritas. Pengadilan adalah tempatnya yang mulia, maka salah sedikitpun akan  ditanya apa sebabnya dan harus dikoreksi betul-betul, namun kalau lembaga di luar Pengadilan ada salah masih bisa dimaklumi. Bahwa menjadi dasar (Grand Design Reformasi Birokrasi Nasional 2010 – 2025) adalah Perpres No. 81 tahun 2010.

Pemerintah yang baik dan bersih :

  • Birokrasi yang bersih & akuntabel & berkinerja tinggi, indikatornya adalah Indeks perilaku Anti Korupsi, Nilai SAKIP dan Opini BPK.
  • Birokrasi yang efektif dan efisien (kapabel), indikatornya adalah Indeks Kelembagaan, Indeks SPBE dan Indeks Profesionalitas ASN.
  • Birokrasi yang memiliki pelayanan publik yang baik & berkualitas (prima), Indikatornya adalah Indeks pelayanan publik (Kebijakan Pelayanan, Profesionalisme SDM, Sarana Prasarana, Sistem Informasi Pelayanan Publik, Konsultasi dan Pengaduan, dan Inovasi).
  • Dr. Jeanny HV Hutauruk lebih lanjut menyampaiakan bahwa APM dan ZI adalah wajib hukumnya untuk dilaksanakan, Akreditasi berdasarkan atas SK dari Dirjen Badilag dan atas instruksi Ketua Mahkamah Agung, sedangkan Zona Integritas di dalam RB bahwa SK oleh Kemenpan RB dan diinstruksikan oleh Presiden.
  • Dalam kegiatan pendampingan tersebut nara sumber memaparkan materi yang disertai tanya jawab dengan para peserta. Acara dilanjutkan dengan para Ketua PA yang telah diusulkan WBK menyampaikan pemaparan presentasi pembangunan zona integritas.
    3Setelah pemaparan Ketua PTA Medan dan para Ketua PA tersebut, nara sumber Dr. Jeanny HV Hutauruk, SE, SH, MM, Ak, CA. menyampaikan kiat-kiat dalam memaparkan pembangunan zona integritas di depan Penilai Kemenpan RB. Kita benar-benar harus memahami substansi 6 area manajemen perubahan, sehingga terjadinya perubahan yang signifikan ke arah yang lebih baik, baik pola pikir dan budaya kerja, bukan hanya sekedar mengejar nilai/penghargaan belaka.
  • Kemudian Narasumber manyampaikan bahwa kita harus meningkatkan kualitas pelayanan publik (lebih cepat, lebih murah, lebih aman dan lebih mudah dijangkau) pada unit kerja ZI menuju WBK/WBBM. Meningkatkan standarisasi pelayanan menjadi berstandar internasional pada unit Kerja menuju WBK/WBBM. Dan meningkatkan indeks kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan pada unit kerja ZI menuju WBK / WBBM.
  • Terakhir Narasumber Ibu Dr. Jeanny HV Hutauruk, SE, SH, MM, Ak, CA, memberikan aplus terhadap penyampaian presentase yang telah disampaikan baik oleh Ketua PTA maupun para Ketua PA yang sudah lolos TPI. Kemudian memberikan Cindra mata kepada Ketua PTA Medan, Ketua PA Lubuk Pakam, Ketua PA Stabat, Ketua PA Tanjung Balai dan Ketua PA Balige yang lolos TPI.
  • Acara ditutup oleh Ketua PTA Medan Dr. H. Abd. Hamid Pulungan, S.H., M.H., menyampaikan bahwa atas nama Pimpinan dan warga PA Se Sumatera Utara mengucapkan terima kasih kepada Narasumber Dr. Jeanny HV Hutauruk, SE, SH, MM, Ak, CA.. Materi yang telah disampaikan dijadikan catatan penting untuk pembangunan zona integritas untuk mengantarkan menjadi WBK terutama bimbingan untuk persiapan presentasi di depan Kemenpan RB.

1

Demikian acara pendampingan Pembangunan Zona Integritas PTA Medan dengan PA Se Sumatera, semoga dapat dipedomani dan bermanfaat bagi kita semua. (Jas)

PTSP Online

logo ptsp

Meja Informasi Online

meja informasi2

Indeks Hasil Survei

ikm ipk

Jam Layanan

JAM

 

Jam Layanan Ramadhan

jampuasa

 

Statistik

Hari ini
Minggu Ini
Bulan Ini
TOTAL
25
2363
19534
500024

12.81%
21.46%
3.09%
2.81%
0.02%
59.80%

Alamat IP Anda: 3.235.24.113

Visitor Counter

Free counters!

  • 0025uc-selamat.png
  • 026uc-selamat.png
  • 027uc-selamat.png
  • 028uc-selamat.png
  • 029uc-selamat.png
  • 030uc-selamat.png