w3c201 
    logo wbkya

purna bhakti kpta samarinda

Jakarta| badilag.mahkamahagung.go.id

Kamis 24 Februari 2022, Direktorat Jenderal Badan Peradilan AgamaMahkamah Agung RI (Badilag) menyelenggarakan acara Purnabakti Ketua Pengadilan Tinggi Agama Samarinda, Drs. H.M. Manshur, S.H., M.H.. Wisuda Purnabakti ini dilaksanakan secara daring dan luring. Prosesi Wisuda dipimpin langsung oleh Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H. dan dihadiri oleh seluruh pimpinan Mahkamah Agung di lantai 14 gedung Mahkamah Agung, sedangkan KPTA Samarinda yang diwisuda berada di Aula Kantor Gubernur Kalimantan Timur.

Hadir mendampingi KPTA Samarinda, Gubernur Kalimantan Timur, Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si. dan Wakilnya, H. Hadi Mulyadi, S.Si, M.Si. beserta seluruh hakim tinggi dan ketua pengadilan agama di wilayah hukum Kalimantan timur.

Wisuda Purnabakti merupakan tradisi perpisahan secara resmi yang dilakukan oleh ketua Mahkamah Agung terhadap ketua pengadilan tingkat banding yang telah memasuki masa purna tugas sebagai bentuk penghargaan atas pengabdian dan dedikasi yang bersangkutan dalam mengemban Amanah sebagai hakim dan pimpinan pengadilan.

Sebagaimana biasanya, acara dimulai dengan masuknya pimpinan dan para hakim tinggi menempati tempat yang telah ditentukan, seluruh Ketua PTA se Indonesia bergabung melalui telekonfrensi. Setelah pejabat yang diwisuda memasuki ruangan upacara, kemudian Pimpinan Mahkamah Agung dan Dirjen Badilag bergabung secara virtual melalui telekonfrensi. Hadirin kemudian menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung. Setelah pembacaan doa, Surat Keputusan Presiden R.I. dan sekilas riwayat jabatan wisudawan/ wisudawati dibacakan. Penanggalan kalung jabatan sekaligus diganti dengan kalung bunga melati oleh Yang Mulia Ketua Kamar Agama MARI didelegasikan kepada Wakil Ketua PTA masing-masing.

Dalam sambutannya, Ketua MAhkamah Agung menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya atas pengabdian yang telah diberikan. “Hari ini Bapak mencapi puncak keparipurnaan dalam mengemban amanah sebagai hakim sekaligus mengakhiri masa bhakti sebagai Ketua Pengadilan Tingkat Banding yang merupakan puncak karier tertinggi bagi seorang hakim pada Tingkat Judec Facti. Capaian membanggakan ini tentunya patut diapresiasi, terlebih karena tidak semua hakim memiliki kesempatan untuk menduduki jabatan sebagai Ketua Pengadilan Tingkat Banding. Tanggung jawab besar ini tentu hanya dipercayakan kepada Hakim Tinggi yang dipandang kompeten dan berpengalaman baik di dalam yudisial maupun leadership yang dibuktikan dengan kemampuan manajerial yang baik.” Demikian pungkasnya.

Sosok Energik dan Berprestasi

Drs. H. Manshur, S.H., M.H. dilahirkan di Tangerang pada tanggal 01 Februrari 1955. Menamatkan Pendidikan S1 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Darul Ulum Islamic Center Semarang, dan S2 di Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Bertugas pertama kali di lingkungan peradilan agama pada tahun 1983 di Pengadilan Agama Wonosobo. Pertama kali diangkat sebagai hakim tingkat pertama pada tahun 1995 sampai akhirnya menduduki posisi Ketua Pengadilan Agama Brebes pada tahun 2007. Pada tahun 2010 diangkat sebagai hakim tinggi di PTA Banjarmasin, dan mengkahiri masa baktinya pada tahun 2022 sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Samarinda.

Drs. H. Manshur, S.H., M.H. dikenal sebagai sosok pimpinan yang berprestasi dan banyak membawa kemajuan di pengadilan yang dipimpinnya. Sosoknya yang enerjik dan bersemangat selalu membawa energi positif kepada orang-orang yang dipimpinnya. Beberapa prestasi yang pernah dicapai adalah membawa PTA Samarinda meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) pada tahun 2019, PTA Ambon meraih predikat WBK pada tahun 2020, dan pada tahun 2021 membawa PTA Samarinda melengkapi capaian sebelumnya, yaitu meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). (ahb)

PTSP Online

logo ptsp

Meja Informasi Online

meja informasi2

Indeks Hasil Survei

ikm ipk

Jam Layanan

JAM

 

Jam Layanan Ramadhan

jampuasa

 

Statistik

Hari ini
Minggu Ini
Bulan Ini
TOTAL
199
2537
19708
500198

12.81%
21.46%
3.09%
2.81%
0.02%
59.81%

Alamat IP Anda: 3.235.24.113

Visitor Counter

Free counters!

  • 0025uc-selamat.png
  • 026uc-selamat.png
  • 027uc-selamat.png
  • 028uc-selamat.png
  • 029uc-selamat.png
  • 030uc-selamat.png