w3c201 
    logo wbkya

1

PTA Medan mengikuti pendampingan Zona Integritas untuk meraih WBK/WBBM yang dilaksanakan Badilag MA-RI. Kegiatan pendampingan dilaksanakan secara zoom meeting pada hari Senin, tanggal 11 Juli  2022 jam 09.00 Wib bertempat di Lantai III Ruang Command Center. Pertemuan virtual  dihadiri oleh Ketua H. Abd. Hamid Pulungan dan Koordinator area serta pegawai PTA Medan.

Dalam kata sambutannya, Dirjen Badilag Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. menyatakan akan memberikan pendampingan kepada unit kerja yang diusulkan meraih WBK/WBBM. Badilag, lanjutnya lagi, memiliki komitmen yang tinggi untuk mendorong unit kerja merebut WBK/WBBM. “Ada 14 unit kerja dari Peradilan Agama yang diusulkan meraih WBK/WBBM tahun 2022 ini. Kesempatan yang baik ini harus dimanfaatkan dengan melakukan upaya yang sungguh-sungguh supaya berhasil merebut WBK/WBBM,” ujar H. Aco Nur memberi semangat.

2

Dalam kesempatan tersebut, H. Aco Nur meminta unit kerja yang diusulkan meraih WBK/WBBM supaya selalu konsultasi kepada Badilag tentang apa saja yang harus dilakukan agar berhasil dengan baik. “Silahkan konsultasi setiap saat kepada Badilag sebagai bentuk perjuangan bersama dalam merebut WBK/WBBM ini,” pesan H. Aco Nur.

Dirinya memberikan apresiasi kepada 14 unit kerja yang diusulkan ke Kemenpan RB karena telah melakukan upaya yang luar biasa sehingga ditetapkan sebagai calon peraih WBK/WBBM. “Saya berikan apresiasi yang tinggi kepada 14 unit kerja yang telah melakukan yang terbaik bagi satuan kerja masing-masing,” ungkapnya.

Dalam pendampingan zona integritas tersebut, hadir nara sumber dari Kemenpan RB yaitu Asisten Deputi Perumusan dan Koordinasi Kebijakan Penerapan Reformasi Birokrasi Kemenpan Reformasi Birokrasi RI Drs. Agus Uji Hantara, M.E. yang menyampaikan presentasi tentang pembangunan dan evaluasi zona integritas menuju WBK/WBBM berdasarkan Permenpan RB nomor 90 tahun 2021.

Dalam paparannya, Agus Uji Hantara menyebutkan, tujuan utama pembangunan zona integritas adalah untuk membangun program reformasi birokrasi sehingga mampu mengembangkan budaya kerja birokrasi yang anti korupsi, berkinerja tinggi, dan memberikan pelayanan publik yang berkualitas. Oleh sebab itu, sambungnya lagi, harus ada komitmen dalam perubahan dan komitmen pimpinan dalam membangun budaya kerja.

Agus Uji Hantara menjelaskan tentang 6 area dalam pembangunan zona integritas. Misalnya tentang area 1 manajemen perubahan. Disebutkannya, kondisi yang diinginkan adalah perubahan pola pikir dan budaya kerja, menurunnya resiko kegagalan akibat resistensi terhadap perubahan dan terimplementasinya core value ASN Berakhlak. “Pimpinan Pengadilan harus memiliki komitmen yang tinggi untuk melakukan perubahan sehingga seluruh ASN mampu mengembangkan budaya kerja yang tinggi,” ujar Agus Uji Hantara. (Materi presentasi dapat diunduh di sini).

Setelah Pak Agus Uji Hantara selesai menyampaikan materi, lalu Badilag membagi 14 unit kerja menjadi 3 kelompok yang akan dilakukan pendampingan oleh Tim Pendamping yang ditentukan. PTA Medan sendiri berada di kelompok II beserta dengan 3 unit kerja lainnya yaitu PA Lumajang, PA Trenggalek dan PA Poso. (ahp)

1

Pada kesempatan apel pagi hari Senin (11/07) yang bertindak sebagai pembina apel adalah Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan. Apel Senin pagi yang dilaksanakan pada pukul 08.00 Wib tersebut diikuti oleh seluruh Hakim Tinggi, pejabat struktural dan fungsional serta staf dan PPNPN PTA Medan.

2 3

Dalam arahannya, H. Abd. Hamid Pulungan menyebut bahwa pada tahun 2022 hanya 30 unit kerja yang diusulkan meraih WBK/WBBM dari MA. Rinciannya adalah 14 unit kerja dari peradilan umum, 14 unit kerja dari peradilan agama, 1 unit kerja dari Badilmiltun dan 1 unit kerja dari peradilan miliiter.  

“Alhamdulillah, PTA Medan termasuk salah satu unit kerja yang diusulkan meraih WBK tahun 2022. Oleh karena itu harus kita berusaha dengan sungguh-sungguh supaya PTA Medan meraih WBK tahun ini,” kata H. Abd. Hamid Pulungan.

7

Masih menurut H. Abd. Hamid Pulungan, dirinya mengajak semua komponen di PTA Medan untuk bersinergi dan bersama-sama membangun zona integritas dengan mengacu kepada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 90 tahun 2021 tentang pedoman pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBM. Disebutkannya, dengan usaha dan kerja keras serta selalu berdo’a kepada Allah Swt, insya Allah berhasil.

“Saya yakin dan percaya dengan kesungguhan dan komitmen kita bersama, insya Allah PTA Medan meraih WBK,” tandas H. Abd. Hamid Pulungan.

5 6

Ditegaskan oleh H. Abd. Hamid Pulungan, bahwa seluruh aparatur PTA Medan harus bersinergi dan bersama-sama melakukan perubahan pola pikir dan budaya kerja yaitu berorientasi kepada pelayanan prima. Siapapun yang datang ke PTA Medan ini, lanjutnya lagi, harus mendapat pelayanan yang baik. Dirinya mencontohkan pelayanan di Ditjen Badilag yang memberikan pelayanan prima. “Saya baru-baru ini ke Badilag untuk konsultasi, saya mendapatkan pelayanan prima dari staf di Badilag,” ungkapnya memberi contoh.

Selama ini, paparnya lagi, kita masih kurang dalam memberikan pelayanan kepada teman-teman kita yang dari dari PA. Kita melakukan mereka seperti bawahan yang harus melayani PTA Medan. “Apabila datang teman-teman dari PA, berikan pelayanan terbaik yaitu dengan pendekatan 5-S, senyum, salam sapa, sopan dan santun," pintanya.

Selain menekankan tentang pelayanan, H. Abd. Hamid Pulungan juga menyoroti tentang disiplin. Menurutnya, disiplin adalah harga mati, tidak bisa ditawar-tawar, kecuali dalam keadaan darurat. “Kita harus disiplin masuk kerja, disiplin dalam bekerja. Saya harap tidak ada aparatur yang ditegur karena tidak disiplin,” kata H. Abd. Hamid Pulungan seraya menutup arahannya. (ahp)

1

PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) adalah sentra pelayanan di pengadilan. Masyarakat yang berurusan dengan pengadilan akan dilayani di PTSP. Oleh sebab itu, petugas PTSP harus selalu dilakukan pembinaan supaya dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

PTA Medan sendiri telah membangun PTSP dengan segala perlengkapan yang diperlukan, misalnya buku tamu elektronik, survey elektronik dan lain-lain. Sesuai dengan SOP yang diterbitkan, petugas PTSP harus menerapkan 5-S dalam pelayanan yaitu senyum, salam, sapa,  sopan dan santun.

Guna memastikan pelayanan berjalan dengan baik, pimpinan PTA Medan setiap hari memberikan arahan dan bimbingan kepada petugas PTSP. Lalu, pada hari Jum’at (8/9), Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan melakukan briefing kepada petugas PTSP yang waktu itu petugasnya adalah Hj. Rahdima dan T. Novia Rahmah Masyithah.

Dalam briefingnya, H. Abd. Hamid Pulungan mengatakan untuk selalu menerapkan 5-S dalam memberikan pelayanan. Dirinya meminta petugas PTSP agar memberikan pelayanan yang baik kepada pengunjung PTSP sehingga merasa senang dan puas. “Berikan pelayanan yang baik kepada masyarakat yang datang ke PTSP ini agar merasa senang dan puas terhadap kinerja kita,” tandas H. Abd. Hamid Pulungan.

Selain itu, H. Abd. Hamid Pulungan meminta kepada petugas PTSP supaya selalu mengenakan selempang sebagai tanda petugas di PTSP tersebut. Dan masyarakat pun merasa dihargai dan dihormati serta menjadikan penampilan petugas PTSP berwibawa. “Jangan lupa mengenakan selempang sebagai tanda petugas PTSP,” kata H. Abd. Hamid Pulungan berpesan.

Lebih lanjut disampaikannya, agar selalu melihat aplikasi LINGUWA yaitu layanan informasi dan pengaduan masyarakat melalui WhatsApp. Dirinya meminta petugas PTSP supaya merespon setiap pengaduan atau laporan masyarakat di aplikasi Linguwa. “Lihat aplikasi Linguwa, apakah ada laporan atau pengaduan dari masyarakat dan berikan jawaban yang diperlukan,” ujar H. Abd. Hamid Pulungan.

Dalam briefingnya tersebut, H. Abd. Hamid Pulungan berpesan kepada petugas PTSP untuk menjaga kebersihan dan keindahan ruangan PTSP serta menyiapkan minuman seperlunya. “Jaga kebersihan dan keindahan PTSP dan siapkan minuman seperlunya supaya para tamu merasa nyaman di sini,” pungkasnya. (ahp)

1

Sekretaris Mahkamah Agung RI telah mengusulkan unit kerja  menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) dalam lingkungan MA ke Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Disebutkan, MA telah melakukan upaya pembangunan zona integritas di lingkungan MA dan berdasarkan hasil evaluasi tahun 2022 oleh TPI, maka diusulkan 30 unit kerja yang terdiri dari 20 pengadilan tingkat pertama, 8 pengadilan tingkat banding, Ditjen Badilmiltun dan Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta.

Apabila dibandingkan usulan tahun 2021 yg lalu, terjadi penurunan drastis usulan tahun 2022 ini. Pada tahun 2021 yang lalu terdapat 314 satker yang diusulkan meraih WBK/WBBM, sedangkan pada tahun 2022 ini hanya 30 satker yang disulkan. Alhamdulillah, dari 30 calon unit kerja berpredikat WBK/WBBM tersebut, salah satu diantaranya adalah PTA Medan yang diusulan meraih WBK.

Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan mengucapkan syukur alhamdulillah atas keberhasilan unit kerja sebagai calon berpredikat WBK. Dirinya memberikan apresiasi yang tinggi atas kinerja yang baik yang telah ditorehkan selama ini.

“Alhamdulillah, PTA Medan diusulkan ke Kemenpan RB untuk memperoleh predikat WBK,” ujarnya tersenyum.

“Akan kita usahakan secara sungguh-sungguh agar PTA Medan berhasil meraih predikat WBK tahun 2022 ini,” tandasnya bersemangat.

Masih menurut H. Abd. Hamid Pulungan, dirinya akan mengajak semua komponen di PTA Medan untuk bersinergi dan bersama-sama membangun zona integritas dengan mengacu kepada Peraturan Menteri PAN dan RB nomor 90 tahun 2021 tentang pedoman pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBM. Disebutkannya, dengan usaha dan kerja keras serta selalu berdo’a kepada Allah Swt, insya Allah berhasil.

2

“Dengan berharap ridho dan ma’unah dari Allah Swt, kita bersinergi secara bersama-sama menuju WBK, insya Allah berhasil," harap dan do’a dari H. Abd. Hamid Pulungan.

Dirinya berjanji akan berbenah dan mempersiapkan dengan sebaik-baiknya. Dengan penuh semangat supaya berjuang all out sehingga apa yang dicita-citakan selama ini dapat diraih.

“Kita akan berinovasi, saya yakin, insya Allah perjuangan kita tahun 2022 ini akan membuahkan hasil, asalkan dilaksanakan dengan kerja keras dan tuntas,” tutup H. Abd. Hamid Pulungan. (ahp)

1

Penantian yang cukup lama terjawab sudah. Betapa tidak, selama ini telah dinanti-nanti dan ditunggu-tunggu informasi atau berita tentang kenaikan Kelas Pengadilan. Penantian tersebut cukup lama yaitu sejak tahun 2020. Alhamdulillah, penantian panjang tersebut telah terkabul, penantian yang membosankan terbayar sudah.

Pada hari Senin (4/7), MA menyerahkan SK kenaikan Kelas Pengadilan tingkat pertama dari 3 (tiga) lingkungan yaitu peradilan umum, peradilan agama dan peradilan militer. Dua di antaranya adalah PA Lubuk Pakam naik kelas menjadi Kelas I-A dan PA Simalungun naik kelas menjadi Kelas I-B.

Penyerahan SK kenaikan Kelas Pengadilan tersebut dilaksanakan di MA oleh Wakil Ketua MA Bidang Non Yudisial YM Dr. H. Sunarto, S.H., M.H. Hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris MA Prof. Dr. H. Hasbi Hasan, S.H. M.H. Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kemenpan RB Nanik Murwati, S.E., M.A. Dirjen Badilum H. Bambang Myanto, S.H., M.H. Dirjen Badilag Dr. H. Aco Nur, S.H., M.H. Dirjen Badilmiltun Hj. Lulik Tri Cahyaningrum, S.H. M.H.

1

Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan yang ikut serta menghadiri penyerahan SK kenaikan Kelas Pengadilan tersebut merasa haru dan bangga sekaligus bersyukur. Dirinya menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada PA Lubuk Pakam yang naik menjadi Kels I-A dan PA Simalungun yang naik menjadi Kelas I-B. “Selamat dan sukses kepada PA Lubuk Pakam dan PA Simalungun yang mendapat SK kenaikan Kelas Pengadilan,” urainya bangga.

Disebutkan oleh H. Abd. Hamid Pulungan, dengan kenaikan kelas Pengadilan ini akan berdampak posisitif bagi aparatur di Pengadilan itu sendiri seperti bertambah penghasilan, dapat naik pangkat setingkat lebih tinggi dan lain-lain. “Dampak positifnya banyak, oleh sebab itu harus disyukuri,” pesannya.

Lebih lanjut disampaikannya, seluruh warga PA Lubuk Pakam dan PA Simalungun harus meningkatkan kinerja terutama dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pencari keadilan. Hal ini urainya lagi, supaya keberhasilan yang diraih tersebut bermakna dan berguna bagi institusi dan orang lain. “Saya minta agar seluruh aparatur PA Lubuk Pakam dan PA Simalungun dapat meningkatkan kinerja terutama meningkatkan pelayanan bagi masyarakat pencari keadilan dan peningkatan prestasi lainnya,” ujarnya berpesan. (ahp)

PTSP Online

logo ptsp

Meja Informasi Online

meja informasi2

Indeks Hasil Survei

ikm ipk

Jam Layanan

JAM

 

Statistik

Hari ini
Minggu Ini
Bulan Ini
TOTAL
375
4583
14085
565415

11.67%
20.77%
2.84%
2.51%
0.04%
62.18%

Alamat IP Anda: 44.210.132.31

Visitor Counter

Free counters!

  • 0025uc-selamat.png
  • 026uc-selamat.png
  • 027uc-selamat.png
  • 028uc-selamat.png
  • 029uc-selamat.png
  • 030uc-selamat.png
  • 0031uc-selamat.png
  • 0032uc-selamat.png
  • 0033uc-selamat.png
  • 0034uc-selamat.png