w3c201 
    logo wbkya

1

Berdasarkan Surat Elektronik Ketua IKAHI Pengadilan Tinggi Agama Medan tanggal 4 Oktober 2022Tentang Implementasi SIPP yang diikuti oleh Ketua, Wakil Ketua, Hakim Tinggi, Panitera, Panitera Muda Banding, Panitera Muda Hukum dan seluruh Panitera Pengganti Pengadilan Tinggi Agama Medan, bertempat di Aula Lantai III Pengadilan Tinggi Agama Medan, dilaksanakan DDTK pada hari Rabu tanggal 5 Oktober 2022 dimulai pada pukul 08.00 Wib s/d 09.30.

2

Sebelum masuk kepada pembahasan Implementasi SIPP Pengadilan Tinggi Agama Medan, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan Bapak Dr. H. Abd. Hamid Pulungan, S.H., M.H. menyampaikan bahwa wajib bersyukur karena Rapor Penanganan Perkara Tingkat Banding berdasarkan SIPP Periode Jum’at 30 September 2022 dengan kategori perkara 51 sampai dengan 150 perkara, Pengadilan Tinggi Agama Medan dapat menyelesaikannya dengan 100% (seratus persen) dengan predikat rangking 1 (satu).

Lebih lanjut Ketua menyampaikan bahwa hal ini wajib dipertahankan dan ditingkatkan dengan berperan aktifnya seluruh yang terlibat dalam penanganan perkara menyelesaikan perkara tidak lebih dari batas waktu yang ditentukan, kemudian menguploadnya di SIPP dengan memakai user name masing-masing. Untuk lebih optimalnya penginputan dalam SIPP perlu berulang-ulang diadakan DDTK agar pekerjaan semakin lancar.

3

“Alhamdulillah, PTA Medan dapat mempertahankan SIPP sampai dengan tanggal 30 September 2022 pada posisi peringkat 1 (satu) dan nilainya 100%. Akan kita pertahankan sepanjang tahun 2022 ini”, ujar H. Abd. Hamid Pulungan bersemangat.

Dalam acara coffee morning ini banyak hal-hal yang didiskusikan oleh peserta yang menyangkut tupoksi Pengadilan dalam menerima, memeriksa, memutus dan menyelesaikan perkara yang diajukan oleh pencari keadilan. Dengan terjadwalnya acara coffee morning ini tentu sangat positif dalam memecahkan permasalahan dalam melaksanakan tugas-tugas penanganan perkara.

Diakhir kegiatan, Ketua menyampaikan, apresiasi kepada seluruh peserta diskusi coffee morning yang begitu bersemangat menyampaikan berbagai pendapatnya dalam ruang lingkup pembahasan tugas-tugas kepaniteraan tersebut, semoga kegiatan ini tetap dilanjutkan karena banyak manfaat yang didapat demi untuk meningkatkan kualitas kinerja kita semua. Demikian diskusi coffee morning ini semoga dapat dipedomani dan dilaksanakan dengan baik.  (Jas)

1

Bertempat di Aula Lantai III Pengadilan Tinggi Agama Medan, pada hari Selasa tanggal  4 Oktober 2022 pukul 09.00 Wib, dilaksanakan Penandatangan Pakta Integritas bagi seluruh Pegawai Pengadilan Tinggi Agama Medan, berdasarkan surat Undangan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan Nomor : W2-A/2328/HM.01.2/X/2022 tanggal 3 Oktober 2022. Sebagai Pembawa Acara dalam acara ini adalah Ahmad Wahyudi Nasution, S.Th.I, S.H. Pejabat Fungsional Pengadilan Tinggi Agama Medan, menyampaikan bahwa dalam Pengucapan dan Penandatangan Pakta Integritas ini akan dilaksanakan dua tahap yakni kelompok Hakim dan Non Hakim, karena redaksinya berbeda antara Hakim dan Non Hakim;

2 3

Sebelum Pengucapan dan Penandatangan Pakta Integritas Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan (Dr. H. Abd. Hamid Pulungan, S.H, M.H.) menyampaikan bahwa nilai SIPP Kita pada Triwulan III ini mendapat nilai 100% (seratus persen). Ketua berharap agar prestasi kerja ini dipertahankan, dan ditingkatkan lagi kepada yang lebih sempurnah. Ketua berharap agar kita semua istiqomah mempertahankan dan meningkatkan kinerja kita di Pengadilan Agama Medan ini, karena pada jaman teknologi informasi ini semua kita dapat dipantau oleh atasan kita, baik oleh Badilag maupun Mahkamah Agung R.I., oleh karenanya kita harus senantiasa meningkatkan kinerja kepada yang lebih baik lagi dan meningkatkan disiplin kerja kita. Bagi yang ada keperluan keluar kantor agar mengisi aplikasi izin keluar kantor dan begitu juga dengan yang akan cuti agar menggunakan aplikasi yang telah tersedia. Lebih lanjut Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan menyampaikan kepada seluruh aparatur Pengadilan Tinggi Agama Medan agar ke kantor berpenampilan sederhana, rapi dan jangan berlebihan serta jangan salah dalam menggunakan media sosial. Karena salah dalam menggunakan media sosial bisa berakibat buruk kepada kita dan keluarga kita, bisa tersandung dalam kasus hukum dan sebagainya, oleh karena itu berhati-hati dalam menggunakan media sosial, pergunakan kepada hal-hal yang positif dan membangun.

Acara dilanjutkan dengan Pengucapkan dan Penandatangan Pakta Integritas yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu “Bagimu Negeri”.

Demikian Pengucapkan dan Penandatangan Pakta Integritas ini dilaksanakan, semoga dapat dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. (Jas)

1

Hari ini, Jum’at tanggal 30 September 2022, Mahkamah Agung RI mengadakan acara pengantar Purnabakti Ketua Kamar Tata Usaha Negara MA Prof. Dr. H. Supandi, S.H., M. Hum. Acara yang digelar secara tatap muka tersebut di gedung MA-RI, juga ditayangkan secara virtual zoom meeting yang diikuti pengadilan tingkat banding dan pengadilan tingkat pertama 4 (empat) lingkungan peradilan di seluruh Indonesia.

PTA Medan sendiri mengikuti pengantar Purnabakti Ketua Kamar TUN tersebut di command center secara virtual. Hadir Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan, Wakil Ketua H. Rafiuddin dan beberapa orang Hakim Tinggi serta Panmud Hukum H. Amrani.

2

Dalam kata perpisahan yang disampaikan Ketua Kamar Tata Usaha Negara MA Prof. Dr. H. Supandi, S.H., M. Hum yang didampingi isteri menyebutkan bahwa dirinya mengawali karir sebagai Hakim di PN Sabang, Aceh tahun 1984. Seiring dengan perjalanan waktu, selanjutnya Prof. Dr. H. Supandi, S.H., M. Hum beralih menjadi Hakim di PTUN Medan. Karirnya berlanjut menjadi Kepala Pusdiklatmenpin MA di Cisarua Bogor dan akhirnya menjadi Hakim Agung serta Ketua Kamar TUN.

Selama karirnya menjadi Hakim Agung di Kamar TUN telah memutus ribuan perkara pada tingkat kasasi maupun peninjauan kembali dan semua perkara yang ditanganinya telah dapat diputus sampai dengan menjelang tiba masa Purnabakti. “Alhamdulillah, semua perkara yang saya tangani telah dapat diputus dan tidak ada sisa, semoga dicatat oleh Allah SWT menjadi amal ibadah,” urainya.

Lebih lanjut disampaikan oleh Prof. Dr. H. Supandi, S.H., M. Hum, dirinya selama bertugas sudah barang tentu ada kesalahan dan kekhilafan, baik yang disengaja ataupun yang tidak disengaja. Oleh sebab itu, urainya lagi, dalam kesempatan ini saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. “Selama saya bertugas di MA maupun ketika di PTUN, banyak salah maupun khilaf. Saya mohon maaf atas semua kesalahan tersebut,” ungkap Prof. Dr. H. Supandi, S.H., M. Hum dengan berlinang air mata.

Sementara itu, Ketua MA Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H. menyampaikan ucapan terima kasih atas pengabdian dan dedikasi Prof. Dr. H. Supandi, S.H., M. Hum selama ini. Menurutnya, sungguh banyak karya dan reputasi yang diraih oleh Prof. Dr. H. Supandi, S.H., M. Hum. Antara lain, lanjutnya lagi, Prof. Dr. H. Supandi, S.H., M. Hum menggagas paper less. Pada waktu itu, kata Ketua MA Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H. belum terpikir tentang ide dari Prof. Dr. H. Supandi, S.H., M. Hum. “Alhamdulillah, ide dan pemikiran Prof. Dr. H. Supandi, S.H., M. Hum tentang penerapan paper less telah terlaksana sekarang dengan menggunakan teknologi informasi,” kata Ketua MA Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H. yang mendapat tepuk tangan hadirin.

Acara pelepasan Purnabakti Prof. Dr. H. Supandi, S.H., M.Hum berlangsung dengan khidmat dan diakhiri dengan pembacaan do’a serta sesi foto bersama. (ahp)

1

Bertempat di Aula Lantai III Pengadilan Tinggi Agama Medan, pada hari Senin tanggal  27 September 2022 pukul 08.00 Wib, dilaksanakan Closing Meeting Asessment Internal Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Tinggi Agama Medan, berdasarkan surat Undangan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan Nomor : W2-A/2245/HM.01.1/IX/2022 tanggal 22 September 2022. Sebagai moderator dalam rapat ini adalah Panitera Pengadilan Tinggi Agama Medan yakni Bapak H. Abdul Wahid, S.H., M.Hum.  Panitera menyampaikan pada hari ini dilaksanakan opening meeting  Asessment Internal Pengadilan Tinggi Agama Medan tahun 2022;

Susunan Acara Opening Meeting Asesment Internal adalah sebagai berikut :

  1. Pembukaan oleh Protokol (Muti Asmita, S.Kom);
  2. Menyanyikan lagu Bagimu Negeri;
  3. Pembacaan Do’a (Jamaluddin, S.Ag, M.H.)
  4. Sambutan Ketua PTA. Medan (Dr. H. Abd. Hamid Pulungan, S.H., M.H.);
  5. Laporan Ketua Tim APM PTA Medan (Dr. H. Rafi’uddin, M.H.);
  6. Sambutan Lead Asesor Asesmen Internal PTA. Medan (Drs. H. Basuni, S.H., M.H.)
  7. Yel-Yel PTA. Medan;
  8. Penutup.
2 3

Dalam Arahannya Ketua PTA. Pengadilan Tinggi Agama Medan (Dr. H. Abd. Hamid Pulungan, S.H., M.H.)  Menyampaikan ucapan terimakasih kepada Tim Asesment Internal Pengadilan Tinggi Agama Medan yang telah melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik, walaupun dilaksanakan disela-sela persidangan penanganan perkara banding, untuk itu sekali lagi Ketua PTA. Medan menyampaikan ucapan terimakasih dan berharap bahwa Pengadilan Tinggi Agama Medan dapat meraih predikat “A  EXCELLENT”, dengan Bintang Tiga. Kemudian Ketua PTA. Medan juga menyampaikan bahwa Temuan hasil Asesment Internal tersebut agar ditindak lanjuti segera, Ketua memerintahkan agar dalam satu minggu ini selesai ditindaklanjuti, walaupun waktu untuk tindak lanjut ada satu bulan, namun Ketua PTA. Medan berharap dapat diselesaikan dengan segera.

Selanjutnya Lead Asesor Asesment Internal Pengadilan Tinggi Agama Medan membacakan temuan Hasil Asesment, ada 10 (sepuluh) item hasil temuan Asesment Internal, namun Lead asesor merasa puas dengan kinerja Tim APM Pengadilan Tinggi Agama Medan, karena dalam Asesment Internal ini masih bisa memperoleh nilai 98,95 % (Sembilan puluh delapan, Sembilan puluh lima persen) dengan kata lain Nilai sementara ini A EXCELLENT Bintang Tiga.

4

Selanjutnya Lead Asesor Asesment Internal Pengadilan Tinggi Agama Medan menyerahkan Berita Acara Hasil Telusur Asesment Internal kepada Top Manajemen (Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan) lalu Ketua PTA. Medan meneruskan kepada Ketua APM Pengadilan Tinggi Agama Medan (Dr. Drs. H. Rafi’uddin, S.H., M.H.) untuk segera ditindak lanjuti. Demikian Closing Meeting ini dilaksanakan, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. (Jas)

1

Bertempat di Aula Lantai III Pengadilan Tinggi Agama Medan, pada hari Senin tanggal  26 September 2022 pukul 08.00 Wib, dilaksanakan Opening Meeting Asessment Internal Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Tinggi Agama Medan, berdasarkan surat Undangan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan Nomor : W2-A/2243/HM.01.1/IX/2022 tanggal 22 September 2022. Sebagai moderator dalam rapat ini adalah Panitera Pengadilan Tinggi Agama Medan yakni Bapak H. Abdul Wahid, S.H., M.Hum.  Panitera menyampaikan pada hari ini dilaksanakan opening meeting Asessment Internal Pengadilan Tinggi Agama Medan tahun 2022;

Susunan Acara Opening Meeting Asesment Internal adalah sebagai berikut :

  1. Pembukaan oleh Protokol (Muti Asmita, S.Kom);
  2. Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung RI
  3. Pembacaan Do’a (Jamaluddin, S.Ag, M.H.)
  4. Sambutan Ketua PTA. Medan (Dr. H. Abd. Hamid Pulungan, S.H., M.H.)
  5. Laporan Ketua Tim APM PTA Medan (Dr. H. Rafi’uddin, M.H.)
  6. Sambutan Lead Asesor Asesmen Internal PTA. Medan (Drs. H. Basuni, S.H., M.H.)
  7. Yel-Yel PTA. Medan;
  8. Penutup.

Dalam Arahannya Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan menyampaikan bahwa kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahankan Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Tinggi Agama Medan dengan predikat “A Excellent” dan kita harus berusaha untuk meningkatkannya, karena tahun kemarin Predikat “A Excellent” Pengadilan Tinggi Agama Medan adalah Bintang Dua, oleh karena itu mari kita sama-sama berkomitmen untuk mewujudkan predikat “A Excellent” Pengadilan Tinggi Agama Medan dengan Bintang Tiga. Hal ini tentu bisa kita capai dengan kerja keras kita semua, dengan mewujudkan kinerja yang baik dengan volume yang tinggi, artinya semua kita benar-benar komitmen dalam melaksanakan tugas-tugas kita di Pengadilan Tinggi Agama Medan ini.

2 3

Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan yang sekaligus sebagai Ketua Tim Akreditasi Penjaminan Mutu (APM), Dr. Drs. H. Rafi’uddin, M.H., dalam sambutannya menyatakan kegiatan opening meeting ini dilakukan untuk mengecek kesiapan masing-masing aparatur yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam penyelesaian eviden-eviden. Menurut Ketua APM PTA Medan ini, kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai rapat monitoring dan evaluasi Pengadilan Tinggi Agama Medan yang berfungsi untuk memonitoring sejauh mana pekerjaan-pekerjaan seluruh aparatur PTA Medan dapat dilaksanakan. Beliau juga menambahkan “Akreditasi Penjaminan Mutu (APM), Zona Integritas (ZI) jangan dianggap sebagai beban atau menambah pekerjaan karena sejatinya kedua hal tersebut merupakan tupoksi kita bekerja di instansi tercinta ini, Pengadilan Tinggi Agama Medan dan juga sebagai wujud komitmen kita dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat” pungkasnya.

Sambutan Lead Asesor Asesmen Internal PTA. Medan menyampaikan :

  • Asesor Internal ini mulai dilaksanakan pada hari ini Senin tanggal 26 September 2022 sampai dengan 27 September 2022;
  • Lead Asesor menyampaikan agar semua eviden pada APM PTA. Medan benar-benar sudah diinput, sehingga dapat memudahkan Tim Asesor dalam melaksanakan Asesmen Internal.

Lebih lanjut Ketua Tim Assesor menerangkan seluruh aparatur Pengadilan Tinggi Agama Medan harus optimis dalam menyongsong pelaksanaan surveillance ini dan memiliki tekad kuat untuk dapat mempertahankan nilai A excellent  dengan meningkatkanya ke A Excellent Bintang Tiga. Seluruh aparatur hendaknya bekerja keras untuk memenuhi eviden-eviden yang diminta dalam pelaksanaan kegiatan ini. Demikian Opening Meeting ini dilaksanakan, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. (Jas)

PTSP Online

logo ptsp

Meja Informasi Online

meja informasi2

JDIH

jdih

Indeks Hasil Survei

ikm ipk

Jam Layanan

JAM

 

Statistik

Hari ini
Minggu Ini
Bulan Ini
TOTAL
1028
5009
20482
654866

10.60%
21.15%
2.52%
2.18%
0.03%
63.52%

Alamat IP Anda: 3.236.18.161

Visitor Counter

Free counters!

  • 0025uc-selamat.png
  • 026uc-selamat.png
  • 027uc-selamat.png
  • 028uc-selamat.png
  • 029uc-selamat.png
  • 030uc-selamat.png
  • 0031uc-selamat.png
  • 0032uc-selamat.png
  • 0033uc-selamat.png
  • 0034uc-selamat.png