w3c201 
    logo wbkya

Dirjen Badilag, Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. dan Rektor UIII, Prof. Dr. Komaruddin Hidayat, M.A.

Jakarta, Rabu, 20 April 222, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI (Badilag) menjalin kerjasama dengan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) terkait pengembangan sumber daya manusia di lingkungan peradilan agama. Kerjasama ini tercantum dalam Memorandum of Understanding yang ditanda tangani oleh Dirjen Badilag, Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. dan Rektor UIII Prof. Komaruddin Hidayat, M.A..

Dirjen Badilag didampingi oleh Sekretaris Badilag Drs. Arif Hidayat, M.M., Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Badilag, Dr. Candra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag. dan seluruh pejabat esolon III dan hakim yustisial Ditjen Badilag. Sedangkan Rektor UIII didampingi oleh Dekan Fakultas Studi Islam, Prof. Noorhaidi Hasan, Ph.D, Sekretaris Universitas, Dr. Chaider S. Bamualim, Sekretaris Fakultas Studi Islam, Dr. Yanwar Pribadi, Ketua Program Magister Studi Islam, Syamsul Rijal, Ph.D  dan jajarannya. 

Acara penandatanganan MoU ini diselenggarakan di ruang Badilag Command Center, Geduang Sekretariat Mahkamah Agung secara langsung dengan dihadiri 412 pengadilan tingkat pertama dan 29 pengadilan tingkat banding di lingkungan peradilan agama secara daring.

Dalam sambutannya, Dirjen Badilag menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya atas kerjasama ini. Ia menyampaikan bahwa kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan kedua belah pihak dalam rangka membangun peradaban Islam yang berkeadilan.    “Peradilan agama mempunyai tugas untuk memberikan putusan hukum yang berkeadilan, agar kepastian hukum dan kemanfaatan bisa dirasakan masyarakat.  Dalam konteks ini, kerjasama antara Ditjen Badilag MARI  dengan UIII menjadi sangat penting dalam membangun institusi Peradilan Agama yang mempunyai kapasitas institusi yang kuat dan modern dan sumber daya manusia yang profesional dan  berkualitas.” Demikian ucapnya. 

A group of people in a roomDescription automatically generated with low confidence

Dalam sambutannya Rektor UIII menyambut baik dan sangat antusias dengan kerjasama ini. Ia menyampaikan bahwa Badilag dan UIII mempunyai kesamaan pandangan dan tujuan dalam melihat persoalan bangsa ini, yaitu menampilkan corak Islam yang rahmatan lilalamin. ”Ada kesamaan spirit dan misi Badilag dan UIII, pertama, kita berkomitmen untuk melakukan kajian yang mendalam dalam bidang-bidang salah satunya adalah keadilan, karena salah satu tantangan besar bangsa ini adalah tentang penegakan keadilan… kedua, kita ingin memperkenalkan wisdom/ best practice islam di Indonesia ke dunia luar” pungkasnya.

Ruang lingkup Nota Kesepahaman ini mencakup:

a) kerja sama di bidang pendidikan;

b) kerja sama di bidang penelitian;

c) kerja sama di bidang pengabdian kepada masyarakat; d) kerja sama di bidang peradilan agama;

e) kegiatan lain yang disepakati oleh kedua belah pihak. Acara penandatangan MoU ini kemudian diakhiri dengan pemaparan Kuliah Umum oleh Rektor UIII dengan tema Membangun Peradaban Hukum yang Berkeadilan. (ahb)

Simak videoanya dalam tautan berikut: https://www.youtube.com/watch?v=1YDsHuKiZiQ&t=2566s

PTSP Online

logo ptsp

Meja Informasi Online

meja informasi2

Indeks Hasil Survei

ikm ipk

Jam Layanan

JAM

 

Statistik

Hari ini
Minggu Ini
Bulan Ini
TOTAL
287
4495
13997
565327

11.68%
20.77%
2.84%
2.51%
0.04%
62.17%

Alamat IP Anda: 44.210.132.31

Visitor Counter

Free counters!

  • 0025uc-selamat.png
  • 026uc-selamat.png
  • 027uc-selamat.png
  • 028uc-selamat.png
  • 029uc-selamat.png
  • 030uc-selamat.png
  • 0031uc-selamat.png
  • 0032uc-selamat.png
  • 0033uc-selamat.png
  • 0034uc-selamat.png