w3c201 
    logo wbkya

IMG 0698

Badilag,   15   Juni 2022

Bertepatan tanggal 15 Juni 2022 hari Rabu,pukul 10.00 WIB, bertempat di Badilag Command Center lt 6 yang berlokasi di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI , Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. Dirjen Badilag membuka acara kuliah umum penerapan perbankan syariah di Mesir dan Arab Saudi, didampingi para Eselon II, III, Hakim Yustisial Ditjen Badilag.

Acara kuliah umum kali ini sangat istimewa, karena pemateri yang hadir dalam acara kuliah umum adalah Prof. Dr. Mostofa Dasuki Kasb pakar perbankan syariah dari Pusat Kajian Ekonomi Islam Solah Kamil Universitas Al Azhar Cairo, Egypt yang menguasai permaslahan perbankan syariah.

Dalam sambutannya Aco Nur menyampaikan beberapa point diselenggarakannya kuliah umum dengan mengangkat tema penerapan perbankan syariah di Mesir dan Arab Saudi ,pertama   ucapan terimakasih kepada Narasumber yang sudah berkenan hadir menjadi pemateri dalam rangka kuliah umum, sekaligus silaturohim dengan warga Peradilan Agama seIndonesia yang diikuti 412 Peradilan tingkat pertama, 29 Peradilan Tingkat Banding dan diikuti beberapa unsure perguruan tinggi, Majelis Ulama Indonesia.

Kegiatan kuliah umum ini terselenggaraatas prakarsa Ditjen Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI, dengan tujuan untuk :

  1. Meningkatkan kapasitas dan kualitas para hakim peradilan agamadalam mengadili sengketa ekonomi syariah;
  2. Menyamakan persepsi atas penerapan hukum ekonomi syariah;
  3. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan para pemangku kepentingan dalam pelaksanaan ekonomi syariah di Indonesia;
  4. Memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap peradilan agama dalam menyelesaikan sengketa ekonomi syariah di Pengadilan Agama ;
  5. Mensosialisasikan ekonomi syariah dan prospek penerapan hukum perbankan syariah di Indonesia.

            Tujuan akhir dari seminar ini adalah untuk meningkatkan wawasan dan sharing pengalaman penerapan perbankan syariah, memperkuat system ekonomi syariah serta mendukung pertumbuhan dan perkembangan perekonomian di Indonesia berbasis Ekonomi Islam.

Melalui seminar ini, kita akan mendapat pencerahan dari Narasumber, tentang penerapan perbankan syariah di Mesir dan Arab Saudi, termasuk aspek penyelesaian sengketanya, sebagai perbandingan bagi hakim Peradilan Agama dalam menyelesaikan sengketa ekonomi syari’ah di Indonesia, sejalan dengan pertumbuhan Ekonomi Syariah di Indonesia yang semakin maju dan kompleks.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan Mahkamah Agung YM Ketua Kamar Agama Prof.Dr. Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.Hum., M.M, Hakim Agung Kamar AgamaMahkamah Agung RI eselon II Ditjen Badilag Mahkamah Agung, serta Hakim Yustisial Kamar Agama dan Hakim peradilan agama baik tingkat pertama maupun tingkat banding,paraakademisi, perwakilan organisasi, para pemerhati dan pelaku bisnis syariah.

IMG 0675

Meskipun selama beberapa waktu kita semuadilanda pandemic covid-19, namun Ditjen Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI tetap melaksanakan program dan inovasiberbasis teknologiuntuk meningkatkan mutu dan kualitas kinerja serta mempertahankan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan dengan baik dan tetap memperhatikan hukum acara peradilan serta tetap menjaga protokol kesehatan dengan baik.

Mengingat hal tersebut,maka kegiatan seminar ini dilaksanakan secara virtual, agar lebih efektif dan efisien, mengingat jauhnya warga peradilan agama yang berada di berbagai wilayah penjuru Indonesia.

Diakhir sambutannya tidak lupa Aco Nur selalu mendoakan bagi seluruh warga peradilan agama khususnya peserta kuliah umum bertaraf International ini semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiat serta ucapan terimakasih kepada semua pihak yang membantu melaksanakan program Ditjen badilag. ( ab)

PTSP Online

logo ptsp

Meja Informasi Online

meja informasi2

JDIH

jdih

Indeks Hasil Survei

ikm ipk

Jam Layanan

JAM

 

Statistik

Hari ini
Minggu Ini
Bulan Ini
TOTAL
934
4915
20388
654772

10.60%
21.15%
2.52%
2.18%
0.03%
63.51%

Alamat IP Anda: 3.236.18.161

Visitor Counter

Free counters!

  • 0025uc-selamat.png
  • 026uc-selamat.png
  • 027uc-selamat.png
  • 028uc-selamat.png
  • 029uc-selamat.png
  • 030uc-selamat.png
  • 0031uc-selamat.png
  • 0032uc-selamat.png
  • 0033uc-selamat.png
  • 0034uc-selamat.png