w3c201 
    logo wbkya

IMG 0784

Bertempat di ruang Badilag command Center Lt.6 Gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI, Rabu 29 Juni 2022, Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama, Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H.,M.H. membuka secara resmi kegiatan Fit and Proper Test secara Virtual Calon Pimpinan Pengadilan di lingkungan peradilan agama. Pelaksanaan acara pembukaan secara virtual ini turut dihadiri pejabat Eselon II dilingkungan Ditjen Badan Peradilan Agama, Ketua Pengadilan Tinggi Agama/Mahkamah Syar’iyah Aceh se- Indonesia, dan peserta Fit and Proper Test Calon Wakil Ketua Pengadilan Tingkat Banding dan Wakil Ketua Pengadilan Tingkat Pertama (Kelas 1A, Kelas 1B dan Kelas II) di lingkungan peradilan agama.

Acara ini disiarkan secara langsung (live streaming) melalui channel youtube Ditjen Badan Peradilan Agama MA RIsehingga dapat disaksikan secara langsung oleh publik aparatur peradilan agama di seluruh Indonesia. Selain itu, kegiatan ini juga diliput oleh Kompas TV.

Ini adalah tahun ketiga Ditjen Badilag menyelenggarakan ujian profile assessment dan fit and proper test secara virtual bagi calon pimpinan pengadilan di lingkungan peradilan agama sejak tahun 2020. Pada tahun 2020 ada 398 peserta, tahun 2021 ada 357 peserta dan tahun 2022 ini ada 347 peserta.

 

IMG 0884

Ada hal baru pada fit and proper test pada tahun ini, berupa tambahan 2 materi ujian baru yaitu materi ujian Menghafal Ayat Suci Al Quran dan materi ujian Praktek Penguasaan Teknologi Informasi

Dalam sambutannya, Dirjen Badilag menekankan aspek pengelolaan SDM berbasis kompetensi. “Badilag mempunyai mekanisme yang terukur dan akuntabel dalam menilai dan mensupervisi kinerja satker di seluruh Indonesia. Oleh karenanya Bapa Ibu sekalian patut berbangga dipanggil untuk mengikuti tes kali ini. Harapan saya, Bapa Ibu sekalian dapat menyebarkan prestasi dan etos kerja yang telah dicapai sebelumnya kepada satuan kerja baru dimana Bapa Ibu sekalian nanti akan ditempatkan, untuk mewujudkan peradilan agama yang modern dan terpercaya” Demikian ungkapnya.

Menciptakan Pimpinan Pengadilan Yang Profesional

Dalam Cetak Biru Pembaruan Peradilan 2010-2035, ditegaskan bahwa salah satu prasyarat terwujudnya visi Terwujudnya Badan Peradilan Yang Agung adalah adanya system manajemen tata Kelola dan pembinaan SDM yang kompeten dengan kriteria obyektif, sehingga tercipta hakim dan aparatur peradilan yang berintegritas dan professional. Sistem manajemen yang dimaksud adalah Manajemen SDM Berbasis Kompetensi (Competency Based Human Resources Management).

IMG 0832

Dalam sistem ini kompetensi menjadi elemen kunci dalam pengelolaan dan pengembangan SDM.Pengembangan dalam sistem manajemen ini meliputi:

  1. Rekrutmen dan seleksi berbasis kompetensi;
  2. Pelatihan dan pengembangan berbasis kompetensi (termasuk untuk kepentingan rotasi, mutasi dan promosi);
  3. Penilaian kinerja berbasis kompetensi;
  4. Remunuerasi berbasis kompetensi;
  5. Pola karir berbasis kompetensi.

Seluruh proses penilaian hakim dan aparatur peradilan akan menggunakan kompetensi sebagai kriteria/parameter penilaian. Proses penilaian digunakan dalam rekrutmen dan seleksi jabatan, dan penentuan rotasi, mutasi, promosi, penentuan serta kebutuhan pelatihan maupun penilaian kinerja.

Salah satu misi Mahkamah Agung terkait dengan SDM adalah Meningkatkan Kualitas Kepemimpinan Badan Peradilan. Pemimpin pengadilan mempunyai peran yang sangat krusial dan menentukan akan kinerja suatu pengadilan. Kecepatan gerak perubahan peradilan sangat ditentukan oleh pemimpin.

Untuk membangun institusi yang lebih kuat dan sistem peradilan yang lebih efektif. Pemimpin pengadilan harus mampu memahami dengan baik fungsi dan tugas pokok lembaganya, tidak hanya dalam menerima, memeriksa dan memutus perkara, namun juga dalam manajemen peradilan dan pelayanan publik. (ahb)

PTSP Online

logo ptsp

Meja Informasi Online

meja informasi2

JDIH

jdih

Indeks Hasil Survei

ikm ipk

Jam Layanan

JAM

 

Statistik

Hari ini
Minggu Ini
Bulan Ini
TOTAL
1106
5087
20560
654944

10.60%
21.14%
2.52%
2.18%
0.03%
63.52%

Alamat IP Anda: 3.236.18.161

Visitor Counter

Free counters!

  • 0025uc-selamat.png
  • 026uc-selamat.png
  • 027uc-selamat.png
  • 028uc-selamat.png
  • 029uc-selamat.png
  • 030uc-selamat.png
  • 0031uc-selamat.png
  • 0032uc-selamat.png
  • 0033uc-selamat.png
  • 0034uc-selamat.png